Aplikasi SPSS dalam Bidang Psikologi

Aplikasi yang digunakan dalam bidang psikologi

Aplikasi komputer yang digunakan dalam bidang psikologi terdiri dari berbagai macam aplikasi, salah satunya adalah aplikasi SPSS for windows. Program ini memang dibuat untuk membantu berbagai bidang ilmu dalam mempermudah pengembangan ilmu tersebut. Psikologi menggunakan aplikasi ini dalam membantu mengolah data. Aplikasi SPSS sangat membantu bidang psikologi ketika seseorang sedang melakukan penelitian di bidang psikologi dengan metode kuantitatif.
Statistical Product And Services Solution (SPSS) merupakan suatu program komputer tentang statistik yang mampu memproses data-data statistik secara cepat dan akurat menjadi berbagai output atau hasil yang sangat diperlukan bagi pihak yang berkepentingan terhadap hasil tersebut. SPSS terus mengalami perkembangan dalam versi,ada SPSS versi 13.0, SPSS versi 15.0 , SPSS versi 16.0, dan terakhir SPSS versi 19.0

Statistik yang termasuk software dasar SPSS:
•Statistik Deskriptif: Tabulasi Silang, Frekuensi, Deskripsi, Penelusuran, Statistik Deskripsi Rasio
•Statistik Bivariat: Rata-rata, t-test, ANOVA, Korelasi (bivariat, parsial, jarak), Nonparametric tests
•Prediksi Hasil Numerik: Regresi Linear
•Prediksi untuk mengidentivikasi kelompok: Analisis Faktor, Analisis Cluster (two-step, K-means, hierarkis), Diskriminan.

Tujuan SPSS
untuk membantu dalam memproses data-data statistik secara tepat dan cepat, serta menghasilkan berbagai output.

Cara Kerja SPSS
Langkah pertama dalam menggunakan SPSS adalah memasukan data dan kemudian memberi tahu SPSS variabel apa yang diwakili oleh data ini
Langkah kedua yaitu memilih memilih analisis statistik. Sesudah data dimasukkan, langkah selanjutnya adalah mengarahkan SPSS untuk membuat analisis tertentu yang diperlukan.
Langkah ketiga yaitu melihat dan manipulasi output. Setelah data dimasukkan dan dianalisis dengan menggunakan salah satu kaedah dalam langkah 2, maka tampil jendela baru yang akan memaparkan hasil analisis. Hasil tersebut bisa dicetak atau diedit atau disimpan ke dalam flasdisk sesuai kebutuhan.

Kelebihan dan Kelemahan SPSS
Salah satu keuntungan SPSS sebagai salah satu software statistik adalah fasilitas transformasi variabelnya yang dapat dilakukan secara mudah seperti program-program spreadsheet lainnya (misalnya Excel).
SPSS dapat membaca dan menulis data dari file teks ASCII (termasuk file hierarkis), paket statistik lainnya, spreadsheets dan database. SPSS dapat membaca dan menulis ke dalam tabel database eksternal relasional melalui ODBC (Open Database Connectivity) dan SQL (Structured Query Language).
Kelemahan dari software ini adalah penggunaannya yang terlalu rumit, sehingga dibutuhkan keahlian khusus. Kelemahan lainnya adalah banyaknya versi SPSS yang beredar, sehingga kita harus pintar-pintar memilih versi SPSS yang cocok untuk komputer yang kita gunakan.

Manfaat SPSS
SPSS sangat bermanfaat dalam mengolah data statistik dan menganaisisnya secara otomatis. Hingga saat sekarang produk SPSS telah dipakai dalam berbagai bidang seperti ilmu keuangan, retail, telekomunikasi, farmasi, broadcasting, militer, database marketing, riset pemasaran, peramalan bisnis, penilaian kredit, customer relationship, penilaian kepuasan konsumen (customer satisfaction) dan sebagainya. Bahkan ilmu psikologi pun juga menggunakan aplikasi ini dalam proses mengolah data.

Referensi:
• Abdullah,Muhammad. PEMANFAATAN SOFTWARE SPSS DAN MICROSOFT OFFICE DALAM BIDANG PROFESI PENELITI ILMIAH.2011. http://blog.ub.ac.id/abdullahsyukri/2011/03/28/.tanggal akses 2 November 20111
http://id.wikipedia.org/wiki/SPSS
http://spss-2010.blogspot.com/2010/06/cara-kerja-spss-untuk-windows.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: