Tingkatan Retardasi Mental

Tingkatan Retardasi Mental

Tingkat Kisaran IQ Kemampuan Usia Prasekolah
(sejak lahir-5 tahun)
Kemampuan Usia Sekolah
(6-20 tahun)
Kemampuan Masa Dewasa
(21 tahun keatas)
Ringan 52-68
  • Bisa membangun kemampuan sosial & komunikasi
  • Koordinasi otot sedikit terganggu
  • Seringkali tidak terdiagnosis
  • Bisa mempelajari pelajaran kelas 6 pada akhir usia belasan tahun
  • Bisa dibimbing ke arah pergaulan sosial
  • Bisa dididik
  • Biasanya bisa mencapai kemampuan kerja & bersosialisasi yg cukup, tetapi ketika mengalami stres sosial ataupun ekonomi, memerlukan bantuan
Moderat 36-51
  • Bisa berbicara & belajar berkomunikasi
  • Kesadaran sosial kurang
  • Koordinasi otot cukup
  • Bisa mempelajari beberapa kemampuan sosial & pekerjaan
  • Bisa belajar bepergian sendiri di tempat-tempat yg dikenalnya dengan baik
  • Bisa memenuhi kebutuhannya sendiri dengan melakukan pekerjaan yg tidak terlatih atau semi terlatih dibawah pengawasan
  • Memerlukan pengawasan & bimbingan ketika mengalami stres sosial maupun ekonomi yg ringan
  • Bisa memenuhi kebutuhannya sendiri dengan melakukan pekerjaan yg tidak terlatih atau semi terlatih dibawah pengawasan
  • Memerlukan pengawasan & bimbingan ketika mengalami stres sosial maupun ekonomi yg ringan
Berat 20-35
  • Bisa mengucapkan beberapa kata
  • Mampu mempelajari kemampuan untuk menolong diri sendiri
  • Tidak memiliki kemampuan ekspresif atau hanya sedikit
  • Koordinasi otot jelek
  • Bisa berbicara atau belajar berkomunikasi
  • Bisa mempelajari kebiasaan hidup sehat yg sederhana
  • Bisa memelihara diri sendiri dibawah pengawasan
  • Dapat melakukan beberapa kemampuan perlindungan diri dalam lingkungan yg terkendali
  • Bisa memelihara diri sendiri dibawah pengawasan
  • Dapat melakukan beberapa kemampuan perlindungan diri dalam lingkungan yg terkendali
Sangat berat 19 atau kurang
  • Sangat terbelakang
  • Koordinasi ototnya sedikit sekali
  • Mungkin memerlukan perawatan khusus
  • Memiliki beberapa koordinasi otot
  • Kemungkinan tidak dapat berjalan atau berbicara
  • Memiliki beberapa koordinasi otot & berbicara
  • Bisa merawat diri tetapi sangat terbatas
  • Memerlukan perawatan khusus

Anak dengan MR ringan (IQ 52-68) bisa mencapai kemampuan membaca sampai kelas 4-6. Meskipun memiliki kesulitan membaca, tetapi mereka dapat mempelajari kemampuan pendidikan dasar yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.
Mereka memerlukan pengawasan dan bimbingan serta pendidikan dan pelatihan khusus.
Biasanya tidak ditemukan kelainan fisik, tetapi mereka bisa menderita epilepsi.
Mereka seringkali tidak dewasa dan kapasitas perkembangan interaksi sosialnya kurang.
Mereka mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan keadaan yang baru dan mungkin memiliki penilaian yang buruk.
Mereka jarang melakukan penyerangan yang serius, tetapi bisa melakukan kejahatan impulsif.

Anak-anak dengan MR moderat (IQ 36-51) jelas mengalami kelambatan dalam belajar berbicara dan keterlambatan dalam mencapai tingkat perkembangan lainnya (misalnya duduk dan berbicara). Dengan latihan dan dukungan dari lingkungannya, mereka dapat hidup dengan tingkat kemandirian tertentu.

Anak-anak dengan MR berat (IQ 20-35) dapat dilatih meskipun agak lebih susah dibandingkan dengan MR moderat.

Anak-anak dengan MR sangat berat (IQ 19 atau kurang) biasanya tidak dapat belajar berjalan, berbicara atau memahami.

Angka harapan hidup untuk anak-anak dengan MR mungkin lebih pendek, tergantung kepada penyebab dan beratnya MR. Biasanya, semakin berat MRnya maka semakin kecil angka harapan hidupnya.
sumber   : medicastore.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: